INFO JADWAL PENDAFTARAN : PSDKU IPB

Arrow up
Arrow down
Indonesian English

Program Keahlian Ekowisata

VISI

Menjadikan Program Keahlian Ekowisata sebagai institusi terbaik di Indonesia dalam penyelengaraan program vokasional pariwisata secara umum dan ekowisata secara khusus, yang menghasilkan tenaga Ahli Madya dengan keterampilan serta employability tinggi, khususnya di bidang rekreasi alam dan ekowisata dengan dasar konservasi sumberdaya alam.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan keahlian ekowisata yang bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat kini dan mendatang.
  2. Berperan serta dalam meningkatkan potensi sumberdaya manusia di bidang ekowisata dengan penerapan IPTEKS melalui pengelolaan sumberdaya yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
  3. Menyelenggarakan Program Keahlian Ekowisata dengan manajemen yang sehat, berorientasi pada mutu, profesionalisme dan keterbukaan.
  4. Memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan IPB secara materi maupun kualitas pendidikan secara nasional.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya yang terampil dan handal dalam bidang rekreasi alam dan ekowisata dengan dasar konservasi sumberdaya alam.

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Mampu menjadi tenaga teknis dan terampil dalam merancang dan mengelola kawasan wisata, paket-paket dan program wisata, dan penilai kawasan untuk pemanfaatan wisata yang sesuai dengan prinsip-prinsip ekowisata, melalui proses analisis potensi sumberdaya wisata dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi dan komunikasi.
  2. Memiliki pemahaman dan pengetahuan konsep perencanaan dan prinsip-prinsip ekowisata, dan konsep-konsep lain yang relevan untuk menyelesaikan masalah dan/atau pekerjaan bidang pariwisata secara umum dan ekowisata secara khusus.
  3. Mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota dan/atau sebagai pimpinan kelompok kerja, untuk menyelesaikan pekerjaan bidang pariwisata secara umum dan ekowisata secara khusus, termasuk mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis.  
  4. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan bidang ekowisata yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam kelompok kerja.

LAPANGAN PEKERJAAN

  1. Tenaga teknis terampil perancang dan pengelola daerah-daerah wisata.
  2. Tenaga teknis terampil perancang tapak kawasan wisata.
  3. Tenaga teknis terampil perancang dan pengelola paket-paket program wisata alam dan ekowisata.
  4. Tenaga teknis terampil penilai kawasan yang akan diambil nilai manfaatnya, terutama manfaat wisata alam dan ekowisata.