INFO JADWAL PENDAFTARAN : PSDKU IPB

Arrow up
Arrow down
Indonesian English

Program Keahlian Manajemen Agribisnis

VISI

Menjadi penyelenggara pendidikan vokasional terbaik pada bidang manajemen agribisnis ditingkat nasional.

MISI

  1. Menghasilkan wirausaha dan atau manajer lini pertama yang mampu mengelola agribisnis dengan terampil, mandiri, berkualitas dan profesional.
  2. Menyelenggarakan pendidikan vokasional dalam bidang manajemen agribisnis yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang profesional, bermoral, tangguh, kreatif dan berkarakter kewirausahaan.
  3. Mengembangkan seluruh potensi dan sumberdaya yang dimiliki untuk membangun sistim manajemen pendidikan vokasi yang efektif, transparan dan akuntabel.
  4. Mengembangkan jejaring kerjasama dengan lembaga atau perusahaan yang terkait dalam upaya peningkatan kompetensi lulusan.
  5. Membangun citra positif pendidikan vokasi dalam bidang manajemen agribisnis di masyarakat.

TUJUAN

Menghasilkan wirausaha dan atau manajer lini pertama yang mampu mengelola agribisnis secara profesional sesuai dengan learning outcome yang dibutuhkan.

LEARNING OUTCOMES 

  1. Mampu menjadi staf perusahaan atau lembaga  yang terkait dibidang agribisnis, supervisor, manajer lini pertama pada perusahaan agribisnis  atau menjadi pengusaha skala  kecil dan menengah  dibidang  agribisnis yang memahami teknik budidaya produk agribisnis (tanaman, ternak dan perikanan), pasca panen, pemasaran, manajemen, dan komunikasi dengan cara menganalisis data dengan menggunakan management tools untuk menghasikan laporan bisnis sesuai lingkup kerjanya.
  2. Memahami konsep mengenai agribisnis, ekonomi manajerial dan manajemen secara umum serta konsep-konsep lain yang relevan untuk mampu menyelesaikan masalah pekerjaan  di perusahaan bidang agribisnis, lembaga jasa yang terkait dengan agribisnis dan menyelesaikan masalah dalam usaha di bidang agribisnis skala kecil dan menengah.
  3. Mampu bekerjasama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota atau sebagai pimpinan kelompok kerja untuk menyelesaikan pekerjaan administratif, mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis, mempertanggungjawabkan laporan yang ditulis.
  4. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan bidang agribisnis yang menjadi tanggungjawabnya baik sebagai anggota atau pimpinan dalam kelompok kerja, mengkaji kelayakan bisnis dan membuat perencanaan bisnis untuk level kecil dan menengah (UKM) dibidang agribisnis.

LAPANGAN PEKERJAAN 

  1. Sebagai pengusaha agribisnis.
  2. Sebagai manajer umum maupun fungsional di lini pertama dalam bidang produksi, keuangan, pemasaran, dan personalia pada berbagai perusahaan agribisnis.
  3. Sebagai staf berbagai lembaga atau instansi yang terkait dengan agribisnis, seperti lembaga keuangan (bank dan non bank), instansi pemerintah, lembaga penelitian, perusahaan, industri pengolahan dan lain-lain.