INFO JADWAL PENDAFTARAN : PSDKU IPB

Arrow up
Arrow down
Indonesian English

Program Keahlian Teknologi dan Manajemen Ternak

VISI

Menjadi pelaksana pendidikan vokasi yang terdepan dalam bidang peternakan untuk pengembangan sumberdaya manusia yang tangguh.

MISI

  1. Menerapkan penyelenggaraan Program Keahlian Teknologi dan Manajemen Ternak yang berkualitas dan profesional.
  2. Menyediakan tenaga ahli madya yang memiliki kompetensi khusus bidang peternakan dalam jumlah dan kualifikasi yang memadai.
  3. Mengembangkan jejaring kerjasama dengan lembaga atau perusahaan yang terkait dalam upaya peningkatan kompetensi lulusan.
  4. Dalam jangka panjang mengembangkan kurikulum pendidikan yang bersifat tailor made yang sesuai dengan kluster industri, dan antisipasi dalam pemanfaatan peluang-peluang usaha baru.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga ahli madya yang terampil dan mempunyai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang memadai untuk menangani kegiatan-kegiatan di bidang peternakan, berjiwa wirausaha tangguh dan mandiri yang mampu berusaha dalam bidang peternakan.

LEARNING OUTCOMES

  1. Menjadi teknisi dan wirausahawan peternakan yang mampu melakukan pekerjaan di bidang peternakan pada perusahaan peternakan unggas/ruminansia yang berskala kecil ataupun besar.
  2. Menguasai konsep teroitis budidaya ternak dan usaha ternak serta pemasaran hasil ternak secara umum dan konsep-konsep lain relevan untuk menyelesaikan masalah dan/atau pekerjaan dibidang peternakan pada perusahaan peternakan berskala besar/kecil.
  3. Mampu melakukan evaluasi dan supervisi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan di bidang peternakan yang menjadi tanggung jawabnya.
  4. Mampu bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil pekerjaan di bidang peternakan yang menjadi tanggung jawabnya dengan baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam kelompok kerja.
  5. Mampu membuat laporan hasil kerja di bidang peternakan yang menjadi tanggung jawabnya.

LAPANGAN PEKERJAAN

  1. Industri peternakan.
  2. Industri pengolahan hasil ternak.
  3. Koperasi.
  4. Instansi pemerintah.
  5. Pusat penangkaran hewan.
  6. Kebun binatang.
  7. Karantina hewan.
  8. Pusat pembibitan ternak.